Berikut ini adalah Perbedaan Antara Kutu Rambut Jantan dan Betina

Kutu Rambut
Kutu rambut merupakan suatu hal yang sangat mengganggu, merupakan suatu masalah besar bagi orang yang mengalaminya. Kutu rambut bisa mengakibatkan kenyamanan rambut terganggu dan merusak kesehatan akar dan kulit kepala.

Kutu rambut juga bisa mengganggu penampilan secara keseluruhan. Dengan adanya kutu rambut mengakibatkan rasa gatal di kulit kepala sehingga tanpa sadar secara otomatis kita akan terus-menerus menggaruknya.

Gerakan menggaruk-garuk kepala ini sudah tentu tidak akan enak jika  suatu saat terlihat oleh orang lain. Pastinya akan timbul perasaan malu dan rendah diri yang pada akhirnya menyebabkan rasa percaya dirinya berkurang karena orang-orang mengetahui bahwa kita memiliki kutu rambut.




Kutu rambut ini sebetulnya merupakan parasit bagi manusia, lebih tepatnya ektoparasit. Kalau sudah menggigit bagian yang disukainya, seperti bagian belakang kepala atau kuduk maka kulit yang terkena gigitan kutu rambut bisa teriritasi, yang diakibatkan oleh air liurnya. Air liur yang keluar pada saat kutu rambut menghisap darah seseorang.

Kutu rambut bisa hinggap di kepala manusia karena banyak hal. Di antaranya karena rambutnya kotor, lembab atau lepek, jarang keramas dan jarang disisiri. Kutu rambut ini cepat sekali menularnya. Penularannya bisa lewat barang-barang yang digunakan bersama-sama, seperti sisir, topi, handuk, selimut, juga sikat rambut dan lain sebagainya. Melalui kontak langsung seseorang juga bisa tertular.

Anak-anak biasanya adalah golongan yang sering diserang oleh kutu rambut ini. Terutama anak-anak usia sekolah. Jika anak-anak di dalam satu keluarga terserang oleh kutu rambut maka anggota keluarganya yang lain akan ikutan terkena, seringnya begitu.

Perbedaan Antara Kutu Rambut Jantan Dengan Kutu Rambut Betina
Kutu rambut ini gerakannya sangatlah cepat. Bisa berpindah-pindah dengan sangat gampang dari satu hospes ke hospes yang lain. Kutu rambut ini bertelur. Kalau kita lihat pada rambut seseorang yang berkutu terdapat banyak warna putih itulah sebetulnya telur kutunya.

Telur kutu melekat erat pada rambut karena memiliki perekat. Tempat yang paling disukai oleh kutu rambut untuk melekatkan telurnya adalah bagian belakang kepala, bagian kuduk atau tengkuk dan di dekat telinga. Kalau kita lihat selama ini bahwa kutu rambut itu merangkak ya memang begitulah caranya berjalan, bukan dengan melompat atau juga bukan dengan terbang.

Kutu rambut terdiri dari dua jenis kelamin. Ada kutu rambut jantan dan kutu rambut betina. Di antara keduanya ada perbedaan. Beda kutu rambut jantan dan betina salah satunya adalah kalau kutu rambut jantan ukurannya 2 milimeter, sedangkan ukuran untuk kutu rambut betina adalah 3 milimeter.

Beda kutu rambut jantan dan betina lainnya lagi adalah bahwa  alat kelamin yang dimiliki oleh kutu rambut jantan bentuknya seperti huruf V. Kalau untuk kutu rambut betina jika kita lihat ke alat kelaminnya akan tampak seperti huruf V yang dibalik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mitos atau Fakta Bahwa Alpukat Bermanfaat untuk Turun Berat Badan