Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Minyak zaitun banyak dimanfaatkan dalam pengobatan rumahan. Walaupun tidak ada bukti kuat yang mendukung manfaat penggunaan minyak zaitun, banyak orang yang merasakan bekas luka mereka memudar setelah mencoba perawatan dengan minyak zaitun. Jika ingin memudarkan bekas luka dengan cara alami, Anda patut mencoba memanfaatkan minyak zaitun.

Terbuat Dari Apa Sih Minyak Zaitun Itu ?
Meski namanya minyak, minyak zaitun sebenarnya adalah konsentrat lemak yang diperoleh dari proses pemerasan buah zaitun. Untuk dijadikan minyak, buah zaitun yang telah dipanen sebelumnya akan dicuci bersih dan kemudian akan dihancurkan.

Metode yang paling tradisional adalah dengan menumbuk buah di antara dua batu besar, seperti teknik meng-uleg di Indonesia. Tapi untuk proses produksi yang lebih efisien, sekarang pabrik produsen minyak zaitun lebih sering menggunakan pisau baja untuk menumbuk buah sampai halus.



Pasta yang dihasilkan dari buah lalu digiling untuk mengeluarkan tetesan minyak dalam proses yang disebut maserasi. Setelahnya, pasta zaitun akan diperas dalam mesin “blender” khusus, disebut centrifuge, untuk memisahkan minyak dan sari buah (air). Setelah air dikuras habis dari ekstrak zaitun, yang tersisa adalah minyak zaitun murni. Inilah yang kemudian dikemas dan diperjualbelikan di pasaran.

Manfaat Dari Minyak Zaitun
  • Berat Badan Ideal
Makan makanan berlemak telah lama dikaitkan dengan penambahan berat badan besar-besaran hingga bahkan obesitas. Namun meski minyak zaitun pada dasarnya adalah konsentrat lemak, mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dalam jumlah banyak sekalipun tidak menggemukkan.

Bahkan bukannya tidak mungkin Anda justru meraih berat badan ideal di penghujung hari sebagai efek dari manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh. Sejumlah penelitian telah menghubungkan pola diet Mediterania, yang kaya akan minyak zaitun, dengan efek penurunan berat badan yang tidak main-main.

Sebuah studi lainnya yang mengamati lebih dari 180 mahasiswa di Spanyol selama 3 tahun, mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah besar meningkatkan kadar antioksidan dalam darah, dan menyebabkan penurunan berat badan.
  • Diet Dengan Minyak Zaitun.
Mengonsumsi minyak zaitun dapat membantu menyehatkan kulit. Kandungan lemak tak jenuh tunggal (lemak sehat yang dibutuhkan dalam perkembangan tubuh) yang tinggi di dalamnya, membuat minyak zaitun juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan diabetes. Anda sebaiknya memasukkan lemak tak jenuh tunggal ke dalam pola makan secara umum. Makanan lain yang juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal meliputi avokad, kacang-kacangan, dan minyak kanola.
  • Untuk Memasak
Saat dikonsumsi, minyak zaitun berkhasiat sebagai antiinflamasi kuat yang dapat mengurangi jaringan luka. Saat memasak, gunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau minyak sayur untuk memanggang atau menumis. Anda bisa menggunakan cara yang mudah dan sehat ini untuk memasukkan minyak zaitun ke dalam menu makanan.
"Walaupun menyehatkan, minyak zaitun juga berkalori tinggi. Jadi, pastikan untuk hanya menggunakan satu atau dua sendok makan minyak zaitun saat memasak. Gunakan minyak ini sebagai pengganti mentega, bukan tambahannya."
Ulasan
Bagaimana ? Takjub bukan rasanya ketika mengetahui betapa banyak manfaat yang didapat dari minyak zaitun ? Ini cuma beberapa lhoo, masih belum semuanya. Alangkah baiknya untuk menjaga kesehatan Anda dan orang-orang di sekitar Anda, mulailah memakai atau mengkonsumsi minyak zaitun untuk kehidupan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berikut ini adalah Perbedaan Antara Kutu Rambut Jantan dan Betina

Mitos atau Fakta Bahwa Alpukat Bermanfaat untuk Turun Berat Badan